Selasa, 18 Oktober 2016

Perspektif Pengelolaan Layanan Haji"Lokus Kemenag Kendari"

Assalamualikum Wr. wb
suasana penyambutan jamaah haji Kendari 1437/2016M

Salah satu program layanan unggulan dan menjadi skala prioritas Kementerian Agama adalah Program pengembangan dan peningkatan kualitas layanan penyelenggaraan haji dan umrah untuk memberikan akses kenyamanan dan kepuaasan calon jamaah haji , Sebagaimana dimanatkan dalam UU No. 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Haji dengan azas dan tujuan dalam rangka memberikan pembinaan, bimbingan dan perlindungan kepada calon ataupun jamaah haji yang bermanfaat bagi seluruh calon jamaah dalam menjalankan ibadah haji baik selama berada di tanah air sampai dengan kembali dari tanah suci (Arab Saudi). Kementerian Agama Kota Kendari adalah satu dari sekian unit kerja Kementerian Agama  yang bertugas memberikan layanan dibidang keagamaan yang berada diwilayah Kota Kendari, dengan salahsatu tugas pokok dan fungsi yaitu mensukseskan program layanan publik terkait dengan mekanisme penyelenggaraan haji, mulai dari aspek penyelenggaran administrasi  pendaftaran, bimbingan tekhnis sampai dengan operasional pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji, kondisi ini tentunya diharapkan dapat berjalan dengan baik melalui perspektif manajemen yang dikelola secara profesional dan kompeten sesuai dengan standar prosedur pelayanan yang baik.
untuk mewujudkan sistem penyelenggaraan haji yang profesional, maka diperlukan sebuah instrumen dan perangkat pendukung yang memadai, baik itu dari aspek ketersediaan perangkat non fisik maupun fisik yang dapat membantu dalam rangka percepatan akses layanan informasi yang terintegrasi secara formal melalui perangkat manaajemen berbasis  aplikasi, sebagai salah satu sarana yang berfungsi untuk menyebarluaskan informasi dan data-data aktual yangberhubungan dengan kepentingan masyarakat luas khususnya bagi calon jamaah haji di Kota Kendari.
Sebagaimana diketahui bersama bahwa untuk mendapatkan layanan informasi haji secara umum saat ini sudah dapat diakses secara resmi melalui sebuah sistem informasi haji berbasis komputer/on line , atau yang lebih dikenal dengan nama SISKOHAT ( Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu), dan terdapat juga beragam informasi layanan informasi yang diselenggarakan baik oleh lembaga-lembaga resmi maupun pihak swasta sebagai bentuk kepeduliaan akan pentingnya sarana informasi bagi jamaah haji pada umumnya.
Keberadaan sarana dan perangkat yang difasilitasi oleh media informasi, tersebut, memberi ruang dan kemudahan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan layanan terkait dengan penyelenggaraan Haji dan Umroh , tidak terkecuali pada  Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Pada Kantor Kementerian Agama Kota Kendari sebagai bentuk kepekaan dan orientasi peningkatan pelayanan haji dan umroh, metode-metode layanan berusaha di kembangkan melalui beberapa pendekatan diantaranya adalah dengan membuat ruang informasi baik secara langsung maupun tidak langusng  melalui perangkat sosial media yang direalisasikan dalam sebuah program "VILA HAJI KENDARI" yang terintegrasi dengan sistim layanan administrasi penyelenggaran haji pada Kantor Kemeneterian Agama Kota Kendarisebagai bahan dan dasar dalam memberikan informasi secara akurat dan mengedepankan kredibiltas serta diharapkan dapat berjalan secara baik dan berjenjang untuk kepentingan perbaikan dan penataan manajemen pengelolaan penyelenggaraan haji dan umroh di Kota Kendari. (mandara01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar